Agenda

LDK Bersama di Waduk Manggar

LDK Bersama di Waduk Manggar

Balikpapan, news.stmikbpn.ac.id,– Latihan kepemimpinan dan wawasan kebangsaan bela negara ini diikuti oleh 13 kampus dari 18 kampus di Balikpapan yang tercatat dalam administrasi suatu forum. Karena sebagian besar kampus yang tidak mengikuti kegiatan ini ada yang sedang melaksanakan UAS (Ujian Akhir Semester) dan ada pula yang sudah libur.

Kegiatan ini bermula dari keprihatinan pada mahasiswa yang dilihat dari fenomena saat ini adalah pemahaman generasi pemuda-pemuda terhadap bangsanya sendiri. Sehingga ada alih tergugah dan menunjukan bahwa mahasiswa bukan identik dengan aksi demo saja. Mahasiswa juga ingin menunjukkan bahwa mereka tidak bermusuhan dengan aparat yang selama ini digembor-gemborkan bahwa jika ada demo, mahasiswa selalu diserang oleh aparat.

Jpeg“Kami dari kodim sangat mendukung kegiatan ini karena untuk meletakkan dasar-dasar kepemimpinan itu tidak mudah. Sebenarnya untuk tingkat mahasiswa sudah bukan dasar kepemimpinan lagi, tetapi sudah tingkat lanjutan. Dasar kepemimpinan itu harusnya mulai sejak dini, dari mulai SD maupun SMP. Saya melihat dengan kegiatan yang dirangkum ini nanti mungkin masih awal, sehingga mungkin masih ada beberapa kekurangan dari adik-adik mahasiswa khususnya peserta. Dan saya mengapresiasi dengan kondisi seperti ini bisa mengumpulkan lebih dari 50 orang” ujar Masrukhan perwakilan Kasdim 0905 Balikpapan.

Kegiatan LDK ini dimulai dari tanggal 28-30 Desember 2015. Dan pada tanggal 30 Desember nanti peserta akan diberikan materi selain dasar kepemimpinan yaitu tentang membaca peta dan tour kompas yang termasuk pelajaran kemiliteran dimana nanti peserta dihadapkan pada suatu tempat dan harus bisa menentukan arah dengan bermodalkan peta atau kompas saja ataupun dengan menggunakan alam.

Untuk mahasiswa sendiri tingkatannya saat ini belum bisa dinilai, karena diakui semula berawal dari masalah disiplin, bela negara dan kepemimpinan itu hanya identik dengan militer. Sekarang ini saatnya dimana presiden, gubernur dan walikota adalah dari sipil. Banyak yang mengatakan nilai kepemimpinan dari seorang sipil masih belum bisa mempuni hanya berakibat pada militer. Dengan adanya dasar seperti ini mahasiswa dapat menyadari kekurangannya, dan mau menambahi itu untuk bisa menyiapkan jika nanti menjadi pemimpin telah siap dan mengerti akan arti kepemimpinan itu sendiri.

“Saya berharap setelah dilatih di sini mahasiswa dapat membuat kegiatan seperti ini di tingkat SD atau SMP bukan sebagai peserta tapi sebagai koordinator. Sehingga sambil menyelenggarakan itu ilmu kepemimpinannya ada, sambil mereka juga belajar bagaimana mengkoordinir orang lain, karena ilmu memimpin itu tidak mudah dan tidak bisa diambil dalam waktu 3 hari” sambungnya.

1451381611179Sekjen BEM se-Balikpapan (Dimas), berharap agar kedepannya mahasiswa-mahasiswa memiliki jiwa sosial yang tinggi, diharapkan acara ini tidak berhenti sampai di sini. Jadi mahasiswa setelah ini bisa langsung mempraktekan dan mengaplikasikan ilmu-ilmu yang telah diberikan di sini kepada organisasi internal kampusnya.

 

  • Tim UKM Jurnalistik STMIK Balikpapan, akbar, irma, yogi.

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Agenda

CEIZmqMUMAEX7qb

Hasil Kuesioner Pra Dialog Publik

JURNALISTIK STMIK BALIKPAPANFebruary 21, 2017
kampus

SK Telah Habis, Namun Belum Ada Mubes

JURNALISTIK STMIK BALIKPAPANFebruary 21, 2017
12

CHRISTMAS CELEBRATION STMIK BALIKPAPAN 2016

JURNALISTIK STMIK BALIKPAPANDecember 12, 2016
833016

Kuliah Umum ”Revolusi Mental untuk Membangun Paradigma Generasi Muda”

dwikayogiNovember 18, 2016
p2

STMIK Balikpapan JOBFAIR

dwikayogiNovember 16, 2016
img_1432

Pendapat Peserta Tentang Pelatihan Jurnalistik

dwikayogiSeptember 26, 2016
hl

Malam Inagurasi

dwikayogiSeptember 20, 2016
HL

Gathering #STIKOMERSMUDA Mahasiswa Baru Tahun 2016/2017

dwikayogiJuly 31, 2016
hl

KULIAH UMUM DIHADIRI OLEH BUPATI BOJONEGORO

dwikayogiMay 17, 2016