Berita

Usaha STMIK Balikpapan dalam Menaikkan Akreditas

Usaha STMIK Balikpapan dalam Menaikkan Akreditas

Balikpapan, news.stmikbpn.ac.id,–Setelah sukses menaikkan akreditas jurusan MI (Management Informatika) tahun lalu. Kali ini STMIK Balikpapan kembali mengupayakan hal yang sama pada jurusan TI (Teknik Informatika). Dimana 2 tahun yang lalu mendapat akreditas C dari BAN PT (Badan Akreditas Nasional Perguruan Tinggi).

pengertian-transpose-matriks-sifat-sifatnya-serta-contoh-soal-dan-pembahasan-2“Pengejaran akreditas B dilakukan agar ruang gerak dari STMIK lebih luas dalam melakukan kerja sama dengan berbagai pihak. Pihak lain yang melakukan kerja sama dengan STMIK Balikpapan pun memiliki kepercayaan lebih dengan akreditas B ini,” ujar Dr. Edy Rachmat, M.Pd selaku ketua STMIK Balikpapan pada hari Rabu (26/10).

Banyak hal yang didapat jika akreditas jurusan TI meningkat. Contohnya mahasiswa dapat mengajukan beasiswa di Kabupaten Kota, serta mudah mengajukan lamaran kerja terutama bagi pengajuan sebagai PNS. Keadaan ini pun harus ditunjang dengan kualitas diri dari mahasiswa STMIK Balikpapan yang semakin meningkat pula. Ada 8 syarat pencapaian standar nasional dari BAN PT yang harus dipenuhi STMIK Balikpapan, berdasarkan buku pedoman BAN PT. Beberapa contoh persyaratan tersebut antara lain standar kurikulum, proses belajar, serta biaya.

2Setelah 80% persiapan untuk mengajukan penaikkan akreditas ke BAN PT, STMIK Balikpapan kini hanya perlu melengkapi 20% persiapan tersebut dengan mengumpulkan beberapa berkas 5 tahun yang lalu. Beberapa berkas tersebut berupa dokumentasi data mahasiswa, pendidikan, penelitian, serta pengabdian masyarakat. “Kendala paling utama dipendokumentasian, karena dokumentasi ini ada dibeberapa bagian. Sehingga harus mengumpulkan kembali data-data dokumentasi yang terkadang dalam laporan ada yang tidak tercantum,” ucap Vidy, S.S., M.Si selaku ketua BPMI STMIK Balikpapan pada hari Kamis (10/11). Meskipun terkendala seperti itu, beliau tetap optimis bahwa 20% persiapan tersebut akan segera dituntaskan. Sehingga di tahun 2017 STMIK Balikpapan diharapkan dapat memperoleh akreditas B pada jurusan TI (Teknik Informatika).

matriks10“Selain Akreditas , SDM (mahasiswa) pun juga harus diasah kemampuannya. Percuma akreditas meningkat namun SDM (mahasiswa) belum mampu melakukan fungsinya. Jauh lebih baik lagi jika akreditas dan SDM (mahasiswa) itu sama-sama meningkat. Sehingga nantinya STMIK Balikpapan bisa menjadi poros Teknik Informatika di kalangan kampus bahkan kota,” ucap Nur Kholis Aziz selaku Presiden BEM STMIK Balikpapan. Ia sangat berharap agar nantinya STMIK Balikpapan dapat menjadi pilar bahkan sorotan di bidang Teknik Informatika di Balikpapan, khususnya dalam berbagai aspek. Sehingga menambah nilai jual bagi mahasiswa serta dosen STMIK Balikpapan.

  • Tim UKM Jurnalistik STMIK Balikpapan, daus, putri, irma

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita

More in Berita

cda_displayimage

Kaum Perempuan dan Kontruksi Sosial: Perempuan di Panggung Politik

JURNALISTIK STMIK BALIKPAPANMarch 9, 2017
kampus

SK Telah Habis, Namun Belum Ada Mubes

JURNALISTIK STMIK BALIKPAPANFebruary 21, 2017
12

CHRISTMAS CELEBRATION STMIK BALIKPAPAN 2016

JURNALISTIK STMIK BALIKPAPANDecember 12, 2016
p2

STMIK Balikpapan JOBFAIR

dwikayogiNovember 16, 2016
1

Luka Mereka, Luka Kita Semua #savekampungbaru

dwikayogiNovember 3, 2016
s1

Bakar Kembali Semangat Sumpah Pemuda bagi Kaula Muda

dwikayogiOctober 29, 2016
1

SOSIALISASI BAHAYA HIV / AIDS

dwikayogiOctober 29, 2016
hl

Kuliah Umum oleh Bupati Penajam Paser Utara

dwikayogiOctober 20, 2016
DCIM100MEDIA

MENGUNJUNGI KRI DEWARUCI

dwikayogiSeptember 28, 2016